4P Test for Kids

4P Test for Kids adalah tes yang diselenggarakan oleh Tes Bakat Indonesia untuk mengetahui 4P (Potential, Passion, Personality & Physical) dari anak-anak mulai dari 4 tahun sampai dengan 12 tahun. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui berbagai keunggulan dan minat anak, sehingga orangtua dapat memfokuskan pengembangan anaknya pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki anak dengan kegiatan dan support yang tepat.

Mengetahui seluruh aspek 4P (Potential, Passion, Personality & Physical) dari para anak sangatlah penting. Hal ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dasar memilih kurikulum sekolah dan kegiatan yang tepat sesuai keunggulan anak tersebut. Kurikulum sekolah dan kegiatan yang tepat bisa mengoptimalkan keunggulan anak, sehingga sejak dini anak sudah yakin akan potensinya dan diasah dengan maksimal.

Selain itu, dengan mengetahui 4P (Potential, Passion, Personality & Physical) dari anak juga membantu mengatasi atau mencegah permasalahan belajar di sekolah. Contoh: jangan sampai anak berpotensi dan memiliki minat tinggi di bidang kinestetik belajar di sekolah yang menekankan proses belajar konvensional serta menitik beratkan tugas-tugas yang bersifat teoritis.

Manfaat ketiga bagi para orangtua adalah mendapat informasi yang sangat berguna tentang gaya belajar yang sesuai bagi anak. Gaya belajar yang berbeda-beda pada tiap anak bisa membingungkan dan membuat frustasi orangtua. Kadang perilaku yang cenderung ogah-ogahan untuk belajar disebabkan anak belum menemukan gaya belajar yang tepat, dan nilainya tidak memuaskan. Jika gaya belajar anak sudah sesuai, proses belajar akan menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan hasilnya lebih memuaskan. Dengan hal ini orangtua dan anak terhindar dari stres.

Tes ini dilakukan secara individual dan ditangani oleh psikolog anak profesional. Asesmen dilakukan selama 2 jam berupa interview, aktivitas belajar (menggunakan media balok, puzzle, kartu bergambar), kegiatan mengambar dan bercerita. Hasil tes akan dianalisa langsung oleh psikolog anak Tes Bakat Indonesia selama 2-3 minggu, kemudian diikuti dengan sesi konseling bersama psikolog anak untuk membahas hasil laporan tes.

Syarat untuk mengikuti 4P Test for Kids adalah anak berusia antara 5-12 tahun, dapat memahami instruksi dan melakukan percakapan dalam bahasa Indonesia dan/atau Inggris, anak dibesarkan di Indonesia, serta tidak memiliki kondisi berkebutuhan khusus.

Untuk info mengenai biaya paket tes, jadwal, dan registrasi dapat langsung menghubungi Client Assistant kami 0812-8000-9909 / 021-58909962 atau mengisi kotak ‘Let’s Start Now’.

FREE ONLINE TEST