5 Tips Sebelum Kamu Menentukan Jurusan Kuliah

Workshop Creative Writing
August 16, 2017
Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, UM, Dan UMB PT
September 18, 2017

5 Tips Sebelum Kamu Menentukan Jurusan Kuliah

Ada banyak sekali jurusan kuliah yang tersebar di seluruh dunia, bahkan ribuan. Hal ini tentu saja membingungkan bagi kamu yang akan masuk kuliah serta menentukan jurusan kan? Sebenarnya, menentukan jurusan kuliah itu tidak sulit kok kalau kamu bisa mengenal apa bakat & passion kamu dari dulu. Itulah sebabnya, mengapa PASSION itu memang merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam hidupmu demi masa depan nanti.

Dan 3 tips di bawah ini mungkin bisa mengarahkan kamu dengan lebih baik dalam memilih jurusan kuliah.

1. Prestasi apa yang kamu miliki?

Ya mungkin bisa dengan nilai, sertifikat, atau pencapaian lainnya. Kalau kamu memiliki nilai IPA yang tinggi, mungkin kamu bakal ada bakat di bidang kedokteran. Kalau kamu ingin menjadi fashion designer, kamu bisa susun hasil rancangan kamu menjadi sebuah portfolio. Dan progress mendapatkan prestasi itu memakan waktu yang tidak sebentar, jadi perbanyak prestasi kamu selagi masih di bangku sekolah ya!

2. Apa hobi kamu?

Jika kamu bingung dalam menentukan bakat serta minat, hobi kamu mungkin bisa memberikan petunjuk. Hobi bisa menjadi pertimbangan memilih jurusan? Why not! Kalau kamu suka menggambar manga, kamu bisa pilih jurusan design animation. For your information, animasi adalah salah satu jurusan terpopuler di abad ini lho!

3. Apa cita-cita kamu?

Nah, kalau kamu memiliki cita-cita yang jelas, hal ini bakal sangat membantu dalam menentukan jurusan kuliah nantinya. Kalau kamu bercita-cita menjadi seorang pengacara, tentunya kamu harus mendalami jurusan Hukum. Akan tetapi ini tidak berarti kamu tidak perlu mengadakan persiapan. Kalau kamu ingin kuliah di Fakultas Hukum ternama di luar negeri, kamu tentu saja wajib untuk mengikuti tes LSAT. Begitu pula dengan jurusan kedokteran yang mengharuskan kamu untuk tes MCAT.

4. Tentukan Bidang Ilmu Yang Membuatmu Tertarik

Ini juga bisa menjadi salah satu tips untuk memilih jurusan kuliah. Prinsipnya adalah, pilih bidang yang membuatmu penasaran sampai terus mempelajari siang-malam tanpa kenal waktu. Bahkan sering curi-curi waktu untuk mempelajarinya sendiri melalui internet, atau berbagai buku di perpustakaan. Pilih jurusan yang “Sense of Wonder” dalam diri kamu, yang benar-benar akan menjadi muara ilmu pengetahuan yang akan kamu tekuni sampai tua nanti.

5. Apa PASSION kamu?

Kuliah itu memakan waktu yang tidak sebentar, bisa 3 sampai 4 tahun. Usahakan, kamu jalani masa-masa kuliah dengan enjoy & jurusannya sesuai dengan passion kamu sendiri. Jika kamu menjalani semua sesuai dengan passion, maka kamu akan bersemangat untuk menghadapi semua kesulitan yang ada. Jadi ingat, PASSION merupakan salah satu faktor terpenting untuk menunjang masa depanmu!

Leave a Reply