#AntiSalahJurusan: 3 Kunci memilih Karir yang Tepat

LEARN 4 IMPORTANT SOFT SKILLS IN LIFE
October 21, 2016
DISKON TERBESAR SEPANJANG TAHUN
November 3, 2016

#AntiSalahJurusan: 3 Kunci memilih Karir yang Tepat

Pada tanggal 6 Oktober 2016 yang lalu, founder dari Tes Bakat Indonesia, Mr Jimmy “Jimbo” Hariyanto kembali diundang oleh yayasan BPK Penabur untuk membuka wawasan bagi para murid murid nya. Kali ini beliau diundang oleh SMAK Penabur Gading Serpong. Seminar yang diberi judul “#AntiSalahJurusan: 3 Kunci memilih Karir yang Tepat” ini merupakan seminar dengan jumlah murid terbanyak yang pernah di lakukan oleh Tes Bakat Indonesia. Lebih dari 1.000 murid kelas 10, 11, dan 12 hadir dan sangat antusias dengan tema yang dibawakan.

siswa-penabur

Para murid ini banyak yang dibukakan matanya setelah mengetahui bahwa pemilihan jurusan yang benar sangatlah penting dan memiliki efek domino bagi kesuksesan perjalanan karir seseorang. Mr Jimmy mengingatkan para siswa bahwa haruslah memilih karir yang tepat untuk diri sendiri, dan sebenarnya pemilihan tersebut sudah dari sekarang. Pemilihan karir yang tepat dimulai dengan membangun mindset yang tepat untuk kesuksesan, salah satunya adalah dengan memiliki goal setinggi mungkin namun tetap realistis.

Mendengarkan banyak sekali tips praktis dari Mr Jimmy, seorang murid bernama Silverionardo D pun berkata bahwa seminar “#AntiSalahJurusan: 3 Kunci memilih Karir yang Tepat “ ini merupakan salah satu seminar terbagus yang pernah di ikutinya. Ia tak henti hentinya mencatat seluruh detil materi yang disampaikan.

Beberapa tips yang disampaikan dan dapat dijalani oleh para siswa dalam mengenal diri lebih dalam sehingga tahu jurusan dan bidang karir apa yang akan sesuai nantinya antara lain:

  • Buatlah jurnal perjalanan mimpi / goals
  • Gali dan cari tau 3P (Potential, Personality, & Passion) dari dirimu. Jika sulit untuk menggalinya, maka mintalah bantuan para ahli, seperti mengikuti tes minat bakat yang tersedia.
  • Eksporasi dunia kerja. Banyaklah bertanya kepada saudara maupun teman mengenai pekerjaan yang kamu tahu bahwa mereka bekerja di indrustri yang kamu minati
  • Lakukanlah magang / job shadowing dimana kamu bisa merasakan langsung dan terjun diindustri tersebut. Dengan hal ini maka kamu akan benar benar merasakan dan melihat keseluruhan prosesnya. Maka dengan ini kamu akan benar benar yakin apakah kamu menyukainya atau tidak

Masa depanmu dibangun dari segala keputusan keputusan serta pilihan yang kamu ambil dihari ini. Oleh karena itu, mulailah beranjak. Explore, explore, dan explore. Luangkan waktu dan mulailah membuat persiapan yang matang untuk pemilihan jurusanmu kelak.

Leave a Reply