Fakta Menarik Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kimia

Sejarah Ilmu Kedokteran
October 16, 2017
Kamu Cocok Di Jurusan DKV Jika Menguasai 5 Hal Ini
October 30, 2017

Fakta Menarik Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kimia

Waktu sekolah, mungkin pelajaran Kimia menjadi salah satu pelajaran yang dijauhi oleh banyak siswa, tetapi tidak sedikit juga yang mencintai pelajaran ini. Di bangku kuliah sendiri, Kimia merupakan jurusan yang banyak diminati, selain memiliki nilai prestise tinggi tetapi juga jurusan ini mempunyai prospek kerja yang luas.

Jurusan ini juga terkenal dengan perhitungan banyak serta rumus-rumus yang super panjang untuk dihafal, belum lagi berbagai praktikum yang tidak boleh terlewatkan. Belajar Kimia juga bukan hanya sekedar Kimia-nya saja, tetapi juga mempelajari tentang pengaruh fisiknya, perubahan-perubahannya, proses ekstraksi, termodinamika, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu tertarik dengan jurusan ini, ada baiknya deh kamu liat fakta di Jurusan Kimia dulu seperti yang Tes Bakat Indonesia rangkum nih buat kamu.

1. Tingkat Kesulitan.

Tentunya, Jursan Kimia memiliki tingkat kesulitan yang berbeda daripada jurusan lain. Tingkatannya bisa dibilang cukup high, karena dalam beberapa mata kuliah yang ada di jurusan ini akan menuntut kamu untuk mempelajari banyak rumus, ditambah lagi praktek serta harus hafal semua simbol-simbol yang ada di dalamnya. Kamu harus bisa menguasai ilmu Termodinamika, Stokhiometri, bahkan Kimia Fisika. Jika kamu bisa menguasai semua itu dengan cepat kamu bisa dibilang expert! Tetapi bila tidak, siap-siap ketinggalan dari teman-temanmu.

 

2. Waktu

Di jurusan ini, waktu kamu akan tersita cukup banyak. Kenapa? Karena Jurusan Kimia membutuhkan konsentrasi lebih, serta banyaknya praktek yang akan kamu jalani. Waktu kamu akan banyak habis di belajar serta mengerjakan tugas, belum lagi kamu harus membaca banyak buku serta banyak bertanya untuk mengerti permasalahan yang terjadi. Jadi kalau teman-teman kamu di jurusan lain ngajak hangout, bisa jadi kamu masih ada di laboratorium.

 

3. Tugas

Tergantung dari dosen yang memberikan tugas. Seringnya, tugas hanya sedikit tetapi cara mengerjakannya yang panjang. Apalagi saat tugas akhir nanti, di Teknik Kimia contohnya kamu mungkin akan mendapatkan tugas merancang sebuah pabrik, lengkap dengan tata letak serta peralatan & juga reaksi kimia serta proses lainnya juga.

 

4. Prospek Kerja

Kalau soal kerja, Jurusan Kimia itu dicintai banyak perusahaan. Lowongan untuk jurusan ini hamper semua ada di perusahaan manufaktur besar dengan gaji yang cukup tinggi juga. Dan juga jurusan ini memiliki peluang yang besar untuk lompat-lompat karier sampai jadi manager di perusahaan, karena mendalamnya pola piker serta keterampilan yang kamu dapat saat kuliah di Jurusan Kimia tersebut.

 

5. Prestise

Wah, kalau soal prestise, jurusan ini cukup tinggi & disegani loh! Jika orang awam bertanya kamu kuliah apa dan kamu menjawab “Jurusan Kimia”, mereka pasti membayangkan kamu adalah professor genius penghafal semua rumus Kimia yang sering melakukan berbagai percobaan di laboratorium hahaha..

Leave a Reply