General Questions

  1. Apa saja produk layanan dari Tes Bakat Indonesia?

    Tes Bakat Indonesia saat ini memiliki 3 produk layanan yaitu :
    "(Penjelasan detil mengenai setiap produk dapat anda lihat dengan cara melakukan klik pada penjelasan produk tersebut)"

3P (Potential, Personality & Passion) Test. Tes ini merupakan tes yang sangat komprehensif yang dimana melihat potensi, kepribadian dan minat seseorang agar dapat membantu mereka memilih jurusan kuliah yang tepat. Tes ini juga disertai dengan sesi quality counseling dengan psikolog dari Tes Bakat Indonesia.
  1. Mengapa 3P (Potential, Personality & Passion) Test itu perlu?

    Setiap orang memiliki karakteristik, sifat, kecerdasan, bakat, dan minat terhadap suatu bidang yang tentunya masing-masing berbeda satu sama lain. Kombinasi dari kelima hal tersebut perlu diketahui untuk menjadi pertimbangan memililih jurusan di SMA maupun kuliah. Banyak sekali keuntungan jangka pendek dan jangka panjang jika siswa memililih jurusan yang tepat.

  2. Berapa usia minimal untuk mengikuti 3P (Potential, Personality & Passion) Test?

    Tes diperuntukkan bagi siswa yang berusia minimal 12 tahun dan minimal sudah duduk di kelas 8 (2 SMP).

  3. Umur berapa yang paling tepat untuk mengikuti 3P (Potential, Personality & Passion) Test?

    Kelompok umur / kelas yang paling tepat untuk mengikuti tes 3P (Potential, Personality & Passion) Test adalah oleh siswa yang sudah duduk di kelas 8 (SMP 2) dengan tujuan agar orang tua dapat mengetahui sedini mungkin aspek aspek Personality (kepribadian) sang anak dan mengembangkan nya. Selain dari pada itu, orang tua dan anak juga mengetahui bidang studi yang cocok untuk sang anak sehingga memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mencari tau informasi maupun melakukan eksplorasi terhadap bidang tersebut.

    Tes Bakat Indonesia pun menyarankan untuk seseorang yang telah mengikuti tes 3P pada saat kelas 8 (SMP 2) untuk mengulangnya kembali di saat ia telah duduk di kelas 10 (SMA 1) dengan tujuan melihat konsistensi minat dari sang anak serta melihat perkembangan aspek personality sang anak ke arah yang lebih baik.

  4. Apa saja materi 3P (Potential, Personality & Passion) Test dan hasil apa yang akan didapatkan?

    3P (Potential, Personality & Passion) Test mengukur minat jurusan SMA/Kuliah, kecerdasaran umum (IQ) dan kecerdasan spesifik seperti kecerdasan verbal/bahasa, angka, gambar/figural/kemapuan 3D, daya ingat, serta sejumlah kemampuan tertentu seperti kreativitas, berpikir fleksibel, daya tahan terhadap stress, kecepatan kerja/belajar, ketelitian, dan kemampuan lainnya yang berkaitkan dengan pemilihan jurusan.

  5. Apa saja syarat mengikuti 3P (Potential, Personality & Passion) Test?

    • Peserta berusia minimal 12 tahun dan minimal telah duduk di bangku kelas 8 (SMP 2)
    • Peserta tes adalah lancar berbahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris secara pasif maupun aktif. Calon peserta bisa memilih jenis Bahasa yang diinginkan.
    • Peserta tidak memiliki special needs, seperti autism, ADHD, disleksia, dan sebagainya
    • Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani
    • Peserta telah istirahat (tidur) yang cukup dan sudah sarapan di pagi hari nya

  6. Berapa lama 3P (Potential, Personality & Passion) Test berlangsung?

    3P Test secara lengkap selama 4 jam. Pada umum nya 3P Test dilakukan pada hari sabtu, pk.09.00-13:00, namun peserta diharapkan hadir 30 menit sebelumnya untuk proses registrasi ulang.

 

4P (Potential, Personality, Passion & Physical) test. Tes ini merupakan tes yang ditujukan untuk anak-anak mulai dari 4 tahun sampai dengan 12 tahun. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui berbagai keunggulan dan minat anak, sehingga orangtua dapat memfokuskan pengembangan anaknya pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki anak dengan kegiatan dan support yang tepat
  1. Mengapa 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test itu perlu?

    Sebagai orang tua tentu akan sangat terbantu bila memiliki “kompas” untuk membantunya sebagai petunjuk arah dalam mengoptimalkan seluruh keunggulan anak mereka sejak dini.

  2. Berapa usia minimal untuk mengikuti 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test?

    Tes diperuntukkan bagi anak usia 4 sampai 12 tahun.

  3. Umur berapa yang paling tepat untuk mengikuti 3P (Potential, Personality & Passion) Test?

    Usia yang dinilai penting untuk mengikuti tes 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test adalah ketika sebelum anak tersebut naik tingkat dari sekolah TK menuju SD sehingga dengan panduan hasil dari 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test ini orang tua akan mendapatkan bahan pertimbangan dalam memilih kurikulum atau tipe sekolah yang sesuai untuk anak nya tersebut.

  4. Apa saja materi 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test dan hasil apa yang akan didapatkan?

    4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test melihat potensi dasar dari seorang anak baik secara kemampuan verbal ataupun kemampuan praktek nya, perkembangan motorik nya, kepribadian serta minat dasar sang.

  5. Hal ini akan sangat membantu orang tua dalam hal pemilihan jenis sekolah dengan kurikulum tertentu, gaya belajar yang sesuai dengan sang anak dalam proses belajar, serta membantu memberikan saran untuk pemilihan kegiatan ekstra kulikuler yang sesuai untuk mengasah bakatnya.

  6. Apa saja syarat mengikuti 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test?

    • Peserta berusia 4 – 12 tahun
    • Peserta sudah dapat memahami instruksi dan melakukan percakapan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
    • Peserta tidak memiliki special needs, seperti autism, ADHD, disleksia, dan sebagainya
    • Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani
    • Peserta telah istirahat (tidur) yang cukup dan sudah sarapan di pagi hari nya

  7. Berapa lama 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test berlangsung?

    4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test umumnya berdurasi 1.5 jam – 2 jam tergantung kepada kecepatan dari masing masing anak. Peserta diharapkan hadir 30 menit sebelumnya agar sang anak bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan tester dan lingkungan nya.

  8. Apakah peserta 4P (Potential, Personality , Passion & Physichal) Test boleh di damping orang tua?

    Orang tua wajib hadir pada saat tes untuk mengisi serangkaian questionnaire mengenai sang anak. Namun orang tua akan mengerjakan di ruangan terpisah dan tidak di ijinkan untuk mendampingi sang anak selama tes berlangsung.

 

PASSIONet Online Test. Tes ini merupakan sebuah tes sederhana yang dilakukan secara online untuk membantu mengetahui Passion / minat seseorang yang dapat menjadi acuan dalam membuat pertimbangan ketika memilih sebuah jurusan kuliah nantinya
  1. Mengapa PASSIONet Online test itu perlu?

    Dengan mengetahui minat seseorang, maka dia akan lebih mudah memilih jurusan kuliah . Dan ini merupakan tes minat pertama yang ada di Indonesia dan berbasis online, sehingga dapat dilakukan kapan saja & dimana saja.

  2. Berapa usia minimal untuk mengikuti PASSIONet Online test?

    Tes diperuntukkan bagi seseorang yang minimal telah duduk di bangku kelas 8 (SMP 2)

  3. Apa saja syarat mengikuti PASSIONet Online test?
  4. • Peserta minimal sudah di kelas 8 (SMP 2)
    • Peserta sudah dapat memahami Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
    • Peserta tidak memiliki special needs, seperti autism, ADHD, disleksia, dan sebagainya

  5. Berapa lama PASSIONet Online test berlangsung?

    Durasi tes antara 15 menit – 45 menit tergantung tingkat kecepatan masing masing orang

  6. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan PASSIONet Online test ?

    Cukup menyiapkan computer / tablet serta jaringan internet yang stabil

 

  1. Berapa lama waktu di perlukan untuk mendapatkan hasil Test?

    Hasil untuk tes 3P (Potential, Personality & Passion) Test & 4P (Potential, Personality, Passion & Physical) test akan didapatkan dalam waktu minimal 2 minggu dari tanggal tes. Hasil untuk PASSIONet online Test akan didapatkan pada saat anda selesai mengerjakan tes nya (Real Time Result)

  2. Bagaimana cara mendaftarkan diri mengikuti 3P (Potential, Personality & Passion) Test atau 4P (Potential, Personality, Passion & Physical) dan Passionet Online Test?

    Untuk mendaftarkan diri anda cukup menghubungi kami via telepon/sms 021-2911 9075/ 0812 8000 9909 dan segera melakukan pelunasan via transfer ke Rek BCA Tes Bakat Indonesia sebagai proses registrasi.

  3. Apakah peserta tes dapat langsung datang ke kantor Tes Bakat Indonesia untuk melakukan 3P (Potential, Personality & Passion) Test atau 4P (Potential, Personality, Passion & Physical) test?

    Tidak. Seluruh peserta tes harus mendaftar dan membuat janji tes terlebih dahulu dengan menghubungi kantor Tes Bakat Indonesia di nomor 021-2911 9075/ 0812 8000 9909

  4. Apa perbedaan Tes Bakat Indonesia dengan biro konsultan lainnya?

    Psikolog yang tergabung dalam Tes Bakat Indonesia adalah khusus Psikolog yang berpengalaman. Para Psikolog ini sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia pendidikan. Jadi segala dinamika pendidikan termonitor oleh para profesionalnya.Selain itu Tes Bakat Indonesia juga menggunakan alat tes terbaru yang validitasnya sudah teruji. Alat tes yang digunakan juga sudah dapat mendeteksi 1800 jurusan yang ada dalam dunia perkuliahan saat ini. Hasil laporan tes selalu dibarengi oleh sesi konsultasi langsung dengan Psikolog kami. Jadi klien dapat menanyakan hasil tes atau diberi penjelasan lanjut sesuai kebutuhannya.

  5. Layanan apa saja yang dapat diberikan Tes Bakat Indonesia?

    Selain tes bakat minat anak serta tes penjurusan, Tes Bakat Indonesia juga memberikan konseling seputar menentukan jurusan yang tepat (penjurusan kelas IPA/IPS di SMA dan penjurusan kuliah).Memberikan seminar dan memberikan tes masal ke sekolah/universitas.. Tes Bakat Indonesia pun dapat membantu memberikan program training & workshop baik ke sekolah maupun perusahaan.

FREE ONLINE TEST