Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, UM, Dan UMB PT

5 Tips Sebelum Kamu Menentukan Jurusan Kuliah
September 13, 2017
10 Referensi Jurusan Untuk Kamu Anak IPA
September 25, 2017

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, UM, Dan UMB PT

SNMPTN, SBMPTN, UM, serta UMB PT merupakan jalur seleksi untuk menuju ke jenjang kuliah. Nah, ini dia perbedaan dari keempat jalur tersebut.

1. SNMPTN: Jalur seleksi masuk universitas negeri tanpa tes seleksi, dan terbuka khusus untuk calon mahasiswa yang masih duduk di kelas 12.

Secara garis besar, para calon peserta SNMPTN cukup melalui serangkaian proses pendaftaran, verifikasi PDSS, submit nilai rapor semester 1-5 & bukti dokumen prestasi-prestasi lainnya kalau ada. Abis itu, tinggal tunggu nasib deh di pengumuman pada awal bulan Mei.

Dan ada satu hal yang harus kamu ingat, yaitu jangan terlalu pede atau berharap besar bahwa kamu sudah pasti akan lolos di SNMPTN! Karena kalau kamu anggap akan berhasil di SNMPTN tetapi ternyata tidak, seleksi masuk lewat tes ujian yaitu SBMPTN akan berlangsung dalam selisih waktu 2-3 minggu saja. Apa bisa mempersiapkan diri untuk SBMPTN dalam waktu 2-3 minggu?

Sudah terlalu banyak kisah dari para siswa yang terlalu pede di SNMPTN karena dari SMA favorit dengan modal nilai yang memuaskan serta prestasi akademik yang bagus. Padahal, hal tersebut tidak menjadi jaminan karena di SNMPTN itu banyak saingan dan biasa dari seluruh peserta yang lolos hanya 17%, artinya 83% atau sekitar 600 ribu peserta SNMPTN tiap tahunnya harus gagal.

2. SBMPTN: Jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan sistem tes/ujian tertulis. Ada 3 paket ujian SBMPTN ini, yaitu:

-TKPA (90 soal, 105 menit) = TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.
-TKD Saintek (60 soal, 105 menit) = Matematika Saintek, Fisika, Kimia, Biologi.
-TKD Soshum (60 soal, 75 menit) = Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, Geografi.

Semua ujian ini disesuaikan oleh prodi pilihan kamu, jika disyaratkan paket ujian Soshum maka kamu harus mengikuti ujian TKPA & TKD Soshum. Sebaliknya jika prodi kamu mensyaratkan ujian Saintek maka kamu harus ikut ujian TKPA & TKD Saintek. Nah jika ada prodi yg mensyaratkan ujian Soshum & Saintek (campuran) maka kamu akan mengikuti paket ujian TKPA, TKD, Saintek, dan TKD Soshum.

Persaingan di SBMPTN ini tidak kalah ketatnya dengan SNMPTN. Data dari tahun 2013, rata-rata dari 667 ribu peserta yang lolos hanya 116 ribu atau sekitar 17,5% nya saja.

3. Jalur Ujian Mandiri (UM): Jalur seleksi masuk universitas lewat tes/ujian yang diadakan masing-masing universitas bersangkutan. Masing-masing universitas memiliki nama, jadwal, dan format soal yang berbeda. Ini beberapa ujian mandiri yang ada di Indonesia:

-Universitas Indonesia = Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI).
-Universitas Gadjah Mada = Seleksi Ujian Tulis (UTUL) UGM.
-PKN STAN = Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN.

Kamu harus perbanyak informasi mengenai Ujian Mandiri ini terutama mengenai jadwal pendaftaran, tes, deadline bayar uang kuliah, dan pengumuman hasil tes.

4. Jalur Ujian Masuk Bersama (UMB PT): Ujian yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Jadi mirip SBMPTN, tetapi PTN yang mengikuti UMB PT lebih sedikit. Kalau SBMPTN diikuti sekitar 65 PTN, UMB PT diikuti oleh kurang dari 15 PTN. Adapun materi ujian di UMB PT ini adalah:

  • Soal Penalaran Matermatika dan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  • Soal Penalaran Sains : Matematika Sains, Fisika, Kimia, Biologi
  • Soal Penalaran Ilmu Sosial : Ekonomi, Sejarah dan Geografi

Biasanya UMB PT itu diadakan pada akhir tahun ajaran, sekitar bulan Agustus. Jadi UMB PT ini bisa menjadi jalur cadangan kamu kalau misal gagal di jalur seleksi yang lain ya.

Leave a Reply