Saat ini, nama Korea sedang menjadi trend dimana-mana. Budaya pop Korea Selatan memang telah menyebar ke berbagai lini kehidupan. Dimulai dari musik, drama korea, teknologi, makanan sampai dengan fashion hingga tempat wisata. Jangan heran bila banyak anak muda menggandrungi hal-hal yang berbau tentang Korea, termasuk jika ada pilihan kuliah di Korea Selatan. Bakal jadi semakin menyenangkan bila kuliah di sana dengan jalur beasiswa. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Korea Selatan sendiri menawarkan beberapa pogram beasiswa yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Inilah beberapa program beasiswa popular yang diadakan setiap tahunnya dan bisa menjadi referensi buat kamu:

 

KGSP Scholarship

Korean Government Scholarship Program (KGSP) menjadi salah satu beasiswa yang paling popular dan ditunggu-tunggu oleh peminat beasiswa Korea. KGSP merupakan beasiswa penuh yang ditawarkan pemerintah Korea Selatan kepada pelajar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Beasiswa ini diberikan kepada semua jenjang pendidikan tinggi, dimulai dari S1, S2 dan S3.

Cakupan dari beasiswa ini adalah

  • Gratis biaya kuliah
  • Tunjangan hidup 900,000 KRW atau kurang lebih Rp 11,2 juta per bulan
  • Tunjangan kedatangan 200,000 KRW atau kurang lebih Rp 2,4 juta untuk satu kali kedatangan di Korea

Selain itu, kamu juga bakal dapat keuntungan lainnya seperti gratis kursus bahasa Korea selama satu tahun, hibah menyelesaikan beasiswa, hibah kemampuan bahasa Korea, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat PP Indonesia-Korea.

 

KAIST Scholarship

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) merupakan salah satu universitas ternama di Korea Selatan. KAIST menempati peringkat ke 2 sebagai universitas terbaik di Korea dan menduduki peringkat ke 9 universitas terbaik versi QS Asian University Rankings. KAIST dikenal sebagai universitas yang berbasis riset di bidang Sains dan Teknologi.

Cakupan dari beasiswa ini adalah

  • Biaya Pendidikan selama 8 semester
  • Biaya hidup setiap bulan sebesar 350.000 KRW atau sekitar Rp 4,4 juta
  • Asuransi Kesehatan

Biaya makan, tempat tinggal, dan perjalanan ke Korea Selatan akan ditanggung oleh penerima beasiswa. KAIST memberikan fasilitas asrama untuk mahasiswa dengan biaya sekitar US$ 100 – US$300 per bulan atau sekitar Rp 1,4 – Rp 4,2 juta. Untuk melihat informasi secara lengkap, cukup buka situsnya di http://kaist.ac.kr/

 

GIST Scholarship

Beasiswa Gwangju Institute of Science and Scholarship (GIST) ditujukan untuk kalian para pascasarjana. Jadi, sebelum mengambil beasiswa ini, kamu harus menyelesaikan program S1 terlebih dahulu. Beasiswa ini adalah fully funded dan menawarkan berbagai program yang berhubungan dengan sains, teknik dan teknologi.

Cakupan dari beasiswa ini adalah

  • Biaya kuliah penuh
  • Tunjangan bulanan 140.000 won per bulan untuk jenjang master
  • Tunjangan bulanan 295.000 won per bulan untuk jenjang doktor
  • Tunjangan konsumsi 100.000 won per bulan
  • Tunjangan untuk mahasiswa berprestasi 120.000 won per bulan (syarat IPK lebih dari 3.00 dari skala 4.50)

Keutungan lainnya dari beasiswa ini adalah gratis untuk tempat tinggal, asuransi Kesehatan, research assistantship, dan biaya transportasi penerbangan akan ditanggung oleh GIST. Untuk persyaratan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa membuka di situs resminya: http://gist.ac.kr/

Nah, untuk kamu yang tertarik kuliah gratis ke Korea. Mungkin beberapa rekomendasi beasiswa tersebut dapat menjadi referensi buat kamu dan nambah semangat belajar!