Inilah 5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Dengan Gaji Tinggi!

Jurusan IPS selama ini selalu dipandang sebelah mata oleh sebagian orang dan dianggap kalah gengsi bila dibandingkan dengan jurusan IPA. Selain masuknya yang dianggap lebih sulit, peluang kerja dengan iming-iming gaji yang jauh lebih besar akan mudah didapatkan dengan lulusan IPA.

Nyatanya, gaji untuk lulusan IPS tidak kalah bila dibandingkan dengan lulusan IPA. Mengenai prospek karir juga tidak kalah dan dibutuhkan di dunia kerja. Berikut ini merupakan 5 jurusan yang ada di ilmu sosial yang mungkin bisa jadi pertimbangan buat kamu untuk dipilih.

 

Manajemen Bisnis

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang paling laku di antara cabang ilmu sosial. Prospek dari jurusan ini sangat menjanjikan di dunia kerja. Pilihan karir yang tersedia cukup banyak, dimulai dari menjadi staf di dunia perbankan, bagian operasional, marketing, business development, project management. Bahkan jika memilih untuk tidak berkarir di dunia profesional, kamu menjadi seorang wirausahawan.

Menurut data dari situs Payscale, rata-rata gaji awal karir untuk lulusan fresh graduate Manajemen Bisnis sebesar US$ 60,900 per tahun di Amerika Serikat atau antara Rp 5-10 juta untuk awal karir di Indonesia per bulan.

 

Komunikasi & advertising

Di era dunia digital, lulusan ilmu komunikasi dan advertising merupakan salah satu lulusan yang paling banyak diburu. Banyak perusahaan yang bersedia memberikan gaji besar serta karir yang cukup menjanjikan.

Di Amerika Serikat, untuk awal karir mendapatkan sekitar US$ 46,000 per tahun. Dan di Indonesia bisa mendapatkan sekitar Rp 4 juta sampai Rp 9 juta per bulan.

Peluang karir lulusan ini terbilang cukup luas. Banyak opsi yang dapat dipilih, seperti menjadi seorang copywriter, content writer, digital marketer, reporter, photographer, creative director, public relation, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Psikologi

Jurusan psikologi menjadi begitu popular dalam 10 tahun kebelakang. Sejak era teknolgi dan informasi berkembang, generasi muda menjadi terbuka dan semakin peduli dengan isu kesehatan mental. Ditambah dengan situasi pandemi seperti saat ini membuat jurusan psikologi menjadi banjir peminat.

Psikologi pun menjadi salah satu jurusan dengan gaji besar di dunia professional. Di Amerika Serikat, untuk awal karir akan digaji sebesar US$ 42,000 per-tahun dan di Indonesia, salah satu bidang Psikologi, yakni talent acquisition dengan pengalaman 3 sampai dengan 5 tahun, memperoleh gaji mulai dari Rp 8 sampai Rp 25 juta.

Prospek karir dari lulusan ini bisa dibilang cukup luas. Selain menjadi seorang psikolog dan konselor, kamu juga bisa bekerja di bagian personalia, talent acquisition dan lain-lain.

 

Bahkan seperti Tes Bakat Indonesia, kamu juga bisa menjadi psikolog di dunia Pendidikan untuk membantu orang untuk menemukan sajan jurusan kuliah atau karir nya. Seorang Psikolog juga banyak loh bekerja di dunia kepolisian atau yang biasa di sebut dengan bagian Forensic Psychology dimana akan membantu dalam mengungkapkan kasus kejahatan.

 

Hukum

Jurusan hukum bisa dibilang sebagai salah satu jurusan yang paling dibutuhkan di masyarakat maupun perusahaan. Jurusan ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, karena itu lulusan dari jurusan ini tidak tanggung-tanggung bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar. Tantangan dari jurusan ini adalah, kamu harus banyak membaca dan memahami soal jenis-jenis hukum atau pasal-pasal yang ada di Indonesia.

Untuk lulusan baru di jurusan hukum bisa mendapatkan US$42,000 dan pengacara di awal karirnya bisa mengantongi Rp 10 juta-Rp 20 juta per bulan di Indonesia.

Lulusan dari jurusan ini tidak hanya berkarir sebagai pengacara, hakim dan jaksa. Tapi juga bisa berkarir sebagai konsultan, staf legal hingga personalia.

 

Akutansi

Akutansi bisa dibilang merupakan jurusan primadona di Indonesia. Banyak sekolah tinggi maupun universitas yang membuka jurusan ini. Bagi kamu yang menyukai hitung-menghitung angka, maka kamu cocok masuk di jurusan akutansi.

Seorang akuntan yang profesional dapat mengantongi US$ 135,000 dan untuk awal karir bisa mendapatkan US$ 60,700. Atau rata-rata Rp 7 juta per bulan bila di Indonesia.

Lowongan pekerjaan yang tersedia bagi lulusan ini bisa dibilang cukup banyak dan juga dibutuhkan bagi perusahaan besar maupun startup. Kamu bisa memilih berkarir sebagai konsultan keuangan, analis kredit, pajak, audit, analisis laporan dan masih banyak lagi.

 

Itu tadi beberapa jurusan kuliah dari latar belakang lulusan IPS yang bisa memberikan gaji tinggi bagi lulusannya. Gimana, apakah kamu tertarik kuliah di salah satu jurusan ilmu sosial?