ABCDE to become Champion & Hero

Give Impact to Others (a bless or a curse?)
November 5, 2014
Kerja Kerja Kerja
November 13, 2014

ABCDE to become Champion & Hero

Above

Beyond

Call

Duty

Excellent

 

Bram Soei Ndoen, seorang motivator meracik rumus “ABCDE” agar kita dapat memperoleh keberhasil dalam bekerja. Menurutnya kita perlu bekerja lebih dari tugas kita (Above), dan melampaui harapan dari yang orang lain harapkan terhadap kita (Beyond). Untuk dapat bekerja seperti yang Bram Soei Ndoen katakan,kita perlu memiliki karakter yang tidak hitung-hitungan, dan all out dalam bekerja. Tidak usah selalu berpikir,” ah ini bukan job desk saya,” ini ga termasuk dalam perjanjian kontrak gaji”,dll. Sikap selalu berpikir bahwa semua proses kerja dan tugas merupakan media untuk belajar, kesempatan untuk “upgrade” ilmu dan otak sangat diperlukan jika kita ingin berhasil.

Selain itu kita perlu berpikir bahwa pekerjaan adalah panggilan. Apakah kita terpanggil untuk menggeluti bidang pekerjaan tertentu? Berbicara tentang panggilan (call), kita perlu menelaah diri, apakah kita memiliki passion, atau keinginan yang besar untuk melakukan sesuatu? Dapatkan kita bekerja dengan hati?

Ketika kita bekerja, selalu bekerja dengan usaha terbaik. Usaha yang yang terbaik pasti akan menghasikan produk kerja yang baik (Excellent). Rumus ABCDE ini jika diadaptasikan ke dalam harapan para pemiliki perusahaan, bisa dikatakan sebagai pribadi yang memiliki “sense of belonging” yang tinggi. Suatu rasa untuk memiliki , menjadi bagian dari apa yang dikerjakan, sehingga hasil kerja yang baik bukan hanya dirasakan oleh perusahaan saja, namun tentu bagi diri pekerja sendiri.

Jika para pekerja, atau bagi para calon bekerja ingin jenjang karir yang pasti, selalu naik, bukan turun dalam setiap proses, persenjatai diri dengan potensi, sikap kerja yang baik, dan gairah yang tinggi. Pada saatnya anda akan merasa sebagai pemenang. Bahkan lebih dari pemenang, yaitu menjadi pahlawan. Anda bisa menjadi pahlawan ketika anda mulai berpikir bahwa apa yang dikerjakan bukan hanya demi kepuasan pribadi, namun dapat berbuat demi orang lain.

Dinda Nocyandri,M.Psi.,Psikolog

Leave a Reply