Apakah Penting Passion Untuk Memilih Jurusan?

People Judge The Book by Its Cover
May 29, 2019
Kalian Suka Angka? Pilih Aktuaria Aja
June 20, 2019

Apakah Penting Passion Untuk Memilih Jurusan?

passion

Jika kalian adalah lulusan SMA/SMK , pasti ada banyak kebingungan dan juga pertanyaan soal kemana kalian akan melanjutkan pendidikan di bidang perkuliahan? Atau kalian tidak mau melanjutkan ke jenjang perkuliahan.
Tidak sedikit lulusan SMA/SMK bingung akan melakukan apa di langkah selanjutnya. Ada yang bekerja, ada yang kuliah. Bagi yang kuliah, terkadang masih banyak juga yang bingung akan memilih program studi apa di jenjang kuliah nantinya. Salah satu yang menjadi faktor kebingungan tersebut adalah belum mengetahui PASSION-nya. PASSION dalam tiap diri manusia sendiri berbeda-beda, karna didalam diri setiap manusia terdapat banyak karakteristik dari dalam dirinya , bisa ratusan bahkan ribuan karakteristik.
Dijaman sekarang tidak sedikit lulusan SMA/SMK yang masih belum mengetahuin PASSION-nya masing-masing , dan tidak sedikit juga yang memilih jurusan perkuliahannya karna paksaan dari orangtua atau terpaksa memilih jurusan karna tidak tahu lagi jurusan apa yang cocok untuk dirinya.
Masalah ini sebenarnya adalah masalah yang klasik yang sangat mudah untuk kita cari solusi dan jalan keluarnya , tapi jika kita sudah mengetahui PASSION hidup kita itu sendiri. Tetapi tidak banyak juga orang-orang yang tidak tahu arti/makna PASSION itu sendiri.

ARTI / MAKNA PASSION?
Passion adalah sesuatu yang tidak pernah kita bosan untuk melakukannya. Passion adalah segala hal yang kita korbankan untuk mencapai suatu tujuan. Passion tidak memikirkan untung dan rugi.
Gimana? apakah kalian sudah paham tentang arti/makna dari PASSION itu sendiri.
Itu adalah pengetahuan umum tetang PASSION itu sendiri.
Bagaimana Cara Memilih Jurusan Sesuai PASSION?
Sangat banyak calon mahasiswa / mahasiswi yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah tetapi sangat bingung karena tidak mengetahui PASSION dan kemampuan yang ada dalam diri mereka. Dan tidak sedikit juga yang melanjutkan pendidikan dengan tidak mempertimbangkan mau apa mereka kelak setelah lulus kuliah. Ini sangat fatal.
Solusi dari semua ini seperti yang dikatakan di awal tadi, kamu harus mengenali dirimu mulai dari sekarang agar menemukan sebuah PASSION. Kalau kamu sudah kuliah dalam jurusan yang sesuai dengan PASSION kamu, sudah sangat pasti kamu akan sangat enjoy menjalani kuliah.
Nah, jika kamu sudah mengetahui apa & dimana PASSION kamu, maka sangat mudah dalam mencari jurusan kuliah. Apalagi, informasi mengenai berbagai universitas sudah tersedia di internet mulai dari profil kampus, tingkat akreditasi, program studi, dll. Yang terpenting kamu harus mencari program studi yang sesuai dengan PASSION kamu saja.

Apa yang membantu kamu menemukan PASSION kamu ?
1. Cari apa yang melengkapi hidupmu selama ini
Ikuti kata hatimu. Jangan ikuti keinginan orang tuamu, pacarmu atau teman-temanmu. Passion itu bisa sesuatu yang benar-benar mengobarkan semangat dalam jiwamu.Kerjakanlah sesuatu yang membuatmu merasa hidup.
2. Cari hal apa yang kamu kamu sangat yakini walaupun ditentang orang banyak.
Dalam mencari passion kita mungkin banyak yang menentang tentang apa yang kita mau lakukan. Tetapi jika passion yang mereka harapkan tidak sesuai dengan kamu sebaiknya jangan diteruskan. Percayalah, mengikuti passion yang kamu mau bukan hal yang buruk kok.
3. Ketahui kemampuan apa yang paling menonjol dalam dirimu selama ini
Setiap orang pasti punya bakat dan kelebihannya masing-masing. Memahami kemampanmu yang paling dominan bisa membantumu untuk menemukan passion-mu. Jangan takut untuk berani melakukan apa yang kamu suka dan membuatmu merasa lebih membuatmu puas.
4. Cobalah ketahui apa yang kamu suka sewaktu kecil dulu.
Untuk menemui passion kamu, kamu bisa mencoba untuk melihat kembali ke masa lalumu. Karena apa yang kamu sukai sewaktu kecil itu lah yang membentuk dirimu sampai sekarang.
5. Cari hal yang membuat kamu penasaran dan ingin mencobanya
Salah satu cara terbaik untuk menemukan passion adalah dengan mencoba-coba. Banyak orang yang menganggap hal ini buang-buang waktu. Tapi percayalah, untuk menemukan passion, terkadang, harus ada waktu yang dikorbankan.
6. Cari hal yang ingin kamu ceritakan kepada orang-orang beberapa tahun lagi
Cerita tentang karyawan yang harus bangun pagi dan pulang malam, atau cerita tentang orang yang bangga karena ia melakukan hal yang ia suka dan sesuai dengan passionnya.

Jadi PASSION memang memiliki peranan yang penting dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan Karakteristik kalian. PASSION juga sangat berguna dalam menentukan masa depan kita, karena dalam menentukan pekerjaan kita akan lebih enjoy bila kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai dan sesuai dengan Passion kita.
STAY STRONG & LIVE WITH PASSION!

Leave a Reply