Bingung pilih jurusan kuliah yang cocok? Inilah cara memilih jurusan yang tepat

Dalam memilih jurusan kuliah, bisa menjadi sebuah dilema tersendiri dalam kehidupan seseorang. Mungkin kamu salah satunya. Bisa jadi, memilih jurusan kuliah bisa menjadi keputusan sekali dalam seumur hidup. Ketika sudah memilih, dapat menentukan karir di masa depan.

Salah pilih jurusan kuliah merupakan permasalahan yang cukup banyak dialami di Indonesia. Penelitian dari Indonesia Career Center Network (ICCN) membuktikan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia mengaku salah pilih jurusan dan 71,7 persen pekerja, mengakui bahwa profesi yang dijalanjankannya saat itu tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Hal ini cukup serius loh. Bayangkan jika kamu berada di tahun kedua atau ketiga masa kuliah, namun baru menyadari bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan yang kamu inginkan atau disukai. Pilihan yang tersedia yakni pindah jurusan atau tetap melanjutkan kuliah. Jika akhirnya kamu memilih pindah, tentu sangat disayangkan. Mengingat biaya kuliah yang cukup tinggi. Namun, bila memaksa untuk tetap lanjut dan menyelesaikan masa studi, maka saat di dunia kerja, pekerjaan yang digeluti akan dijalani secara tidak maksimal.

Untuk mengurangi risiko tersebut, maka kamu harus memilih jurusan yang tepat dari awal! Bagaimana caranya?

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi salah masuk jurusan.

  1. Kenali minat dan potensi diri

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai minat serta potensi yang kamu miliki. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah, jika kamu menyukai bidang matematika atau sains, cobalah untuk mencari tahu jurusan yang ada hubungannya dengan bidang tersebut, seperti Statistika, Teknik Informatika, Kedokteran dll.

Jika kamu lebih tertarik dengan bidang bahasa atau ilmu sosial, cobalah untuk mempelajari jurusan yang ada hubungannnya dengan bidang tersebut. Seperti jurusan Sastra, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik dll.

Kamu juga bisa bertanya dengan orang terdekatmu mengenai potensi yang ada dalam dirimu, baik itu orangtua, keluarga atau sahabat terdekat.

 

  1. Sesuai dengan passion

Dalam memilih jurusan kuliah, kamu harus menyesuaikan diri antara jurusan kuliah dengan passion yang ada dalam dirimu. Jika kamu menjalankannya dengan passion yang kuat, maka proses belajar yang kamu jalani akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Sebaliknya, jiika kamu kuliah karena ikut-ikutan teman atau memilih dengan alasan yang paling popular, maka menjalani perkuliahan dilakukan dengan setengah hati. 

 

  1. Lakukan riset

Riset menjadi sangat penting untuk mencari informasi tentang jurusan yang ingin diambil. Kamu bisa mencari tahu mengenai lokasi kampus, biaya kuliah, mata pelajaran, hingga prospek karir kedepannya. Dengan melakukan riset, kamu menjadi semakin dengan pilihan jurusan yang akan kamu ambil.

 

  1. Ikuti tes penjurusan

Terakhir yang tidak kalah penting adalah tes penjurusan. Dimana kamu mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah untuk mengetahui potensi diri dan pilihan yang tepat untuk jurusan kuliahmu. Tes Penjurusan yang di lakukan meliputi beberapa hal seperti Tes IQ (atau biasa di sebut dengan Tes Bakat), Tes Kepribadian, Tes Minat, Tes Gaya Belajar dan beberapa hal lain nya.

 

Ada banyak pilihan tes bakat online di internet, baik gratis maupun berbayar. Namun banyak yang tidak akurat ketika hasil tesnya keluar. Berbeda dengan yang ada di Tes Bakat Indonesia yang sudah teruji karena Tes Bakat Indonesia mempunyai alat tes yang akurasinya tinggi.

 

Tes Bakat Indonesia menyediakan tes spesial untuk mengukur penjurusan, bakat, minat karir dan juga dapat konsultasi mengenai bakat, passion dan minat karir dengan dibantu oleh psikolog profesional. Jika ingin melakukan tes secara online maupun offline, tinggal menghubungi salah satu contact center kami saja. Tes Bakat Indonesia  juga menyediakan layanan home service, dimana kamu dapat melakukan tes dari rumah dan ditemani oleh tenaga profesional dari Tes Bakat Indonesia.

 

Untuk tes Offline maupun Home Service, Tes Bakat Indonesia pada saat ini tidak hanya ada di Jakarta saja namun sudah mencangkup beberawa wilayah Jabodetabek (Tanggerang, Bekasi & Depok), namun juga sudah merambah di beberapa area lainya seperti Surabaya, Semarang, Bali serta Medan. Namun mengingat kami pun telah menyediakan jasa Tes karir / Tes Penjurusan Kuliah secara online, maka walaupun kamu di ujung Indonesia seperti di Aceh maupun Papua pun sudah dapat melaksanakan nya.

 

Dimana kah mau sekarang? Palembang? Lampung? Makassar? Pontianak? Bali? Balikpapan? Atau dimanapun kamu berada, tentunya Tes Bakat Indonesia Online Test akan dapat membantu kamu untuk merencanakan masa depan mu.

 

Selamat memilih..