Cara Meyakinkan Diri dan Orangtua Mengenai jurusan yang Kamu Pilih

Tentukan Jurusanmu Baru Tentukan Tujuanmu
October 1, 2013
Korbankan Masa Depan Demi Ikut-ikutan Pilih Jurusan yang Lagi Ngetrend
December 2, 2013

Cara Meyakinkan Diri dan Orangtua Mengenai jurusan yang Kamu Pilih

Sekarang ini banyak universitas yang sudah memulai pendaftaran, bahkan bagi kamu yang mau masuk jurusan Desain, arsitek atau yang sejenisnya sudah ada ujian saringan masuk. Lalu gimana dengan kamu? Sudahkah kamu mantap dengan pilihan jurusan di universitas nanti? Atau sebenarnya kamu sudah mantap dengan pilihanmu, namun agak sulit meyakinkan orangtua bahwa kamu berpotensi di bidang yang dipilih?

Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa cara kamu untuk meyakinkan diri kamu ataupun orangtua. Pertama, kamu perlu mencari informasi mengenai jurusan yang akan dipilih. Akan lebih baik lagi, bukan mencari informasi mengenai 1 jurusan saja, namun beberapa jurusan alternatif lainnya. Mualilah searching di internet, atau berdiskusi dengan om, tante, orangtua teman yang saat ini menjalani karir sesuai dengan jurusan yang akan kamu ambil nantinya. Ketahui bagaimana dunia pekerjaan, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan, seberapa besar tekanan kerjanya, lalu sikap apa saja yang perlu dimiliki. Misalkan untuk menjadi seorang dokter, disamping paham semua hal mengenai anatomi tubuh manusia, berbagai jenis obat-obatan,kamu juga perlu memiliki kemampuan bahasa ekpresif yang baik unutk mampu menjelaskan kondisi pasien secara detil, namun pasien tidak merasa terpukul ketika ia memiliki penyakit tertentu. Pastikan kamu mendapat sebanyak mungkin informasi.

Setelah mengumpulkan informasi, cari tahu universitas yang terbaik yang mungkin untuk kamu belajar di sana. Dengan begitu informasi yang akan kamu dapati mengenai semua hal yang akan dihadapi bertambah lengkap. Lalu mulailah mencari satu waktu luang, dimana kamu punya banyak wwaktu santai untuk menjabarkan semua informasi, lalu mencocokkan dengan dirimu. Misalkan, apakah saya punya kemampuan matematika yang baik untuk belajar akuntansi,apakah saya benar-benar senang membaca untuk mempelajari teori-teori psikologi, apakah saya cukup kuat untuk kerja lapangan ketika melakukan tugas praktek di jurusan geodesi?dll.

Jika antara kemampuan, sikap dan sifat kamu sudah cocok dengan juruan yang akan kamu pilih, berarti sudah tidak perlu bimbang lagi. Dasar pertimbangan itu bisa kamu utarakan kepada orangtua. biasanya para orangtua perlu yakin akan peluang karir dan kemapanan hidup anaknya di masa datang. untuk itu km perlu mencari tahu peluang kerja berdasarkan jurusan yang kamu pilih.

Atau kalau kamu dan orangtuamu perlu informasi yang lebih akurat, kamu bisa mengikuti ters bakat minat. Soalnya pada hasilnya nanti ada penjabaran mengenai kapasitas kemampuanmu secara menyeluruh dan termasuk sesi konsultasi dengan psikolog. Jadi kamu bisa bertanya sepuasnya. Dijamin kamu ataupun orangtuamu tidak akan ragu lagi dengan pilihan yang akan dibuat.

Leave a Reply