Designer of Your Own

Sukses Adalah Kerja Keras
June 12, 2015
Who Are You?
June 30, 2015

Designer of Your Own

Pernahkan kamu merasakan bahwa mula dari SD lalu masukk SMP kamu menjalani sekolah ya sebagaimana melewati hari demi hari aja. Kalau ada tugas atau pekerjaan rumah dikerjakan supaya mendapat nilai yang minimal cukup atau bahkan memuaskan. Ketika saatnya ujian kita harus belajar lebih keras demi nilai-nilai di raport mencapai nilai KKM atau bahan jauh di atasnya. Hal ini dilakukan ya karena memang harus dilakukan…kan seorang murid..memang tugasnya begitu. Lalu biar orangtua senang akan prestasi kita. Untung-untung kalau dapat hadiah. Dunia sebagai pelajar ya sekitar pelajaran sekolah dan yang pastinya lebih seru adalah teman-teman yang asik.

Tapi ketika lulus SMP lalu masuk ke SMA dan mulai dihadapkan pada pilihan jurusan (IPA/IPS), sebagian kita mulai memikirkan bahwa sekolah lebih dari sekedar rutinitas, kita sudah semakin dekat dengan dunia dewasa yang perlu meniti karir. Cari duit sendiri, hidup secara mandiri. Banyak pelajar SMA yang mulai bingung, apalagi ketika harus memilih jurusan kuliah nantinya. Pemilihan jurusan di SMA dan kuliah seperti kita diajak untuk mulai mengarahkan hidup masa depan kita secara perlahan. Kalau dipikir-pikir jadi sedikit menakutkan bagi remaja yang masih happy-happy tapi diarahan untuk memikirkan arah kehidupan dewasanya.

Tapi di satu sisi itu bisa jadi menyenangkan loh. Bayangan kita bisa lebih bebas mendesain kehidupan kita kelak. Selama ini hampir segala keputusan yang berhubungan dengan hidup kita ditentukan oleh orangtua, sekarang saatnya untuk bersemangat bahwa kita mulai diberikan kepercayaan dan kebebasan untuk merancang hidup. Sebagai wujud tanggung jawab dari kebebasan itu, kita harus mulai benar-benar memikirkan mau kehidupan seperti apa nantinya, dijalani dengan berkarir sebagai apa dan bagaimana mencapai masa dewasa yang lebih menyenangkan dari masa remaja?

Jadi ga ada salahnya mulai mencari tahu tentang keinginan kita dalam menjalani pekerjaan, seperti jenis pekerjaan, kesenangan dan kepuasan dalam bekerja. Mencari info sebanyak-banyaknya tentang duni kkuliah dan dunia kerja merupakan langkah yang baik juga. Jadi kamu tidak perlu bingung dan merasa takut lagi.

Leave a Reply