How to Enjoy Your Job?

Daftarkan diri kamu untuk Tes di Medan, 17 Maret 2019
February 25, 2019
Cara Membagi Waktu Aktivitas dengan Passion
April 2, 2019

How to Enjoy Your Job?

Mencintai pekerjaan adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan. Disaat kita commit dengan suatu hal, artinya kita harus mengikuti berbagai peraturannya dan flow kerja yang diberikan. Kebanyakan, pekerjaan kita memiliki flow rutinitas yang monoton sehingga membuat kita jenuh dan merasa ter-push. Alhasil kita tidak merasa enjoy dan tidak dapat “perform” dengan baik. Lalu apa saja sih yang bisa dilakukan agar kita lebih enjoy dalam menjalani pekerjaan kita ?

  1. Find Flow
    Cari tahu dan temukan flow rutinitas pekerjaanmu. Atur sesuai dengan kapasitas dan kenyamananmu dalam bersosialisasi dan menyelesaikan tugas-tugas. Kamu harus pintar membuat plan dan jadwal yang baik tentang apa saja yang ingin kamu selesaikan. Buat juga daftar Prioritas dan Non Prioritas agar kamu bisa membagi tugas dengan baik dan lebih terstruktur. Selanjutnya, kamu tak hanya sekadar bekerja mengikuti jam kantor, namun kamu juga bisa lebih merasa nyaman dengan apa yang sedang kamu selesaikan, dan hasilnya pun lebih berkualitas. Dengan begitu kamu akan lebih menikmati proses dan terbiasa dengan ritme pekerjaanmu.
  2. Interact with others
    Ide-ide brilian biasanya datang saat kita berdiskusi dengan orang lain. Jangan sungkan untuk bertanya dan berbagi pendapat. Kita tidak bisa meminta lingkungan untuk menyesuaikan dengan diri kita, tapi kita yang seharunya bisa menyesuaikan dengan lingkungan. So, please don’t be an introvert. Jalin hubungan yang baik dengan kolega. Hal ini juga dapat memberimu berbagai peluang nantinya. Di sisi lain, kamu tidak akan mudah merasa jenuh di tengah pekerjaan padatmu dan tidak merasa seakan sendirian dan “pusing sendiri”.
  3. Give Yourself a Break
    Jangan diforsir ! Selain menambah mood negatif, hasil kerjamu juga tidak maksimal. Tidak ada salahnya untuk jeda sejenak. Hargai tubuh dan otakmu yang sudah bekerja begitu keras. Buatlah interval di setiap daftar pekerjaan. Misal, setiap 3 tugas yang selesai, berhentilah sejenak untuk berdiri, mendengarkan 1 lagu kesukaan, atau melakukan stretching ringan dan lanjutkan pekerjaanmu kembali. Buatlah jam istirahatmu berguna, jangan sampai kamu mengulurnya sendiri karena memaksakan untuk menyelesaikan tugasmu. Alhasil, jam istirahatmu berkurang, kamu kurang istirahat, merasa jenuh dan seharian cranky saat bekerja. So, Jangan diforsir ya !

Semoga dengan beberapa cara tadi bisa membuatmu lebih enjoy dalam bekerja ya. Good Luck !

Leave a Reply