Jurusan Yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Wanita Smart adalah Ibu yang Sempurna
August 26, 2019

Jurusan Yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

 

Sebagian besar lulusan SMA/ SMK yang berniat melanjutkan ke perguruan tinggi, berharap dapat memilih jurusan kuliah yang tepat untuk dirinya maupun karir kedepan.  Namun apakah jurusan yang ingin diambil memang membuka peluang karir di masa depan? Sebagai gambaran umum, perkembangan dunia kerja saat ini sedang mengarah ke industri teknologi dan komunikasi. Untuk itu, ada beberapa rekomendasi jurusan yang kuilah yang banyak dibutuhkan untuk kedepannya.

https://tesbakatindonesia.com/kuliah-di-universitas-negeri-atau-swasta-nih-perbandingannya/

1. Teknik Informatika

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dunia teknologi sedang berkembang dengan pesat dalam satu decade ini. Dalam melakukan aktifitas sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari penggunaan teknologi, mulai dari transportasi, booking hotel dan tiket perjalanan, bahkan sampai pesan antar makanan.

Beberapa profesi yang dihasilkan dari lulusan TI antara lain software developer, system analyst, data analyst, IT Consultant, apps developer and web developer dll. Diproyeksikan peminat jurusan ini akan tumbuh 3% sampai 7% pada tahun 2022.

2. Ilmu Komunikasi

Dunia komunikasi mengalami perkembangan begitu pesat, terutama sejak era media sosial. Kebutuhan akan tenaga professional di bidang komunikasi pun ikut meningkat, peluang kerja sebagai lulusan komunikasi tidak hanya menjadi seorang public speaker atau public relation, namun juga bisa menjadi seorang jurnalis, broadcaster, marketing communication, copywriter dan lain sebagainya.

3. Akuntansi dan Bisnis

Permintaan untuk professional akuntansi dan keuangan telah meningkat sebesar 44% dan diperkirakan akana tumbuh sebesar 22% pada tahun 2020. Salah satu alasan membuat jurusan tersebut laris manis karena hampir semua sektor usaha berhubungan dengan ekonomi maupun akuntasi. Lulusan ini nantinya dapat bekerja sebagai akunting, atau bahkan dapat membuka jasa Akuntan Publik.

4. Desain

Saat ini banyak permintaan tenaga professional dibidang kreatif. Seiring dengan tumbuhnya dunia digital dan media sosial, kebutuhan akan konten kreatif dan desain visual yang menarik sangat tinggi. Beberapa profesi yang dapat dihasilkan dari jurusan ini meliputi graphic designer, illustrator, creative director, dan art director.

 

Leave a Reply