Kuliah di Universitas Negeri atau Swasta, Nih Perbandingannya

Mempersiapkan Mental Anak Menghadapi SBMPTN
April 2, 2019
Bingung Milih Jurusan Kuliah? Inilah yang Terfavorit Bagi Para Pelajar!
May 29, 2019

Kuliah di Universitas Negeri atau Swasta, Nih Perbandingannya

Masa perjuangan SMA kelas 3 belum selesai. Masih ada langkah selanjutnya yaitu memilih kuliah di mana kampus negeri atau swasta dan ingat jangan sampai #salahjurusan .

Banyak orang berfikir kampus di negeri lebih baik dri kampus swasta , karena banyak orang sukses yang lulusan dari universitas negeri di tambah lagi untuk masuk perguruan tinggi negeri memerlukan usaha yaitu melelui tes yang sangat sulit menjadikannya lebih bergengsi jika di terima, tapi sekarang ini banyak kampus swasta yang bisa meyandingi kampus negeri

Negeri terbaik di Indonesia hanya sedikit seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada , Institut Teknologi Bandung , Universitas Padjajaran, Institus Pertanian Bogor, dsb. Untuk masuk keperguruan tersebut perlu nilai yng cukup tinggi dan tentu tidak mudah untuk mendapatkan nilai terserbut , di universitas swasta terbaikpun standar yng di inginkan tidak kalah tinggi dengan universitas negeri , seperti Universitas Pelita Harapan , Prasetya mulya , Universitas Bina nusantara , dsb.

Lalu harus pilih yang mana? Negeri atau swasta? Nih perbandinganya!

1. Fasilitas Kampus

Kampus negeri memiliki fasilitas untuk mahasiswa seperti wifi, kantin, tempat belajar perpusatakaan dan lainnya lengkap. Untuk fasilitas bisa dikatakan cukuplah. Namun biasanya bangunannya agak tua, karena dibangun sudah puluhan tahun.

Sedangkan kampus swasta biasanya bangunannya banyak yang baru dan sering melakukan renobasi gedung untuk menarik hati para calon mahasiswa . Untuk fasilitas mahasiswa seperti diatas juga sudah lengkap.

menurut saya, fasilitas di kampus swasta lebih baik di banding kampus negeri karena kampus swasta lebih memperhatikan penampilan fisik dan fasilitas.

2. Materi Perkuliahan

Universitas negeri memberikan materi perkuliahan yang standarnya cukup tinggi. Untuk mendapatkan nilai bagus, sudah pasti harus bersungguh-sungguh dalam belajar.

Universitas swatsa bobot materi yang masih dibawah kampus negeri . Atau bisa dikatakan standarnya lebih rendah. Untuk syarat kelulusan agak rendah.

Menurut saya, dari segi materi perkuliahan jauh lebih baik universtas negeri karena standar universitas negeri jauh lebih tinggi otomatis mahsiswa di tuntut untuk belajar sungguh – sungguh untuk mendapatkan nilai yang terbaik.

3. Dosen

Universitas negeri memiliki dosen yang benar-benar fokus dengan profesinya sebagai dosen. Dosen dikampus negeri memberikan ilmu yang benar-benar akademik, baik itu terori maupun praktek.

Universitas swasta yang aku lihat beberapa ada yang memang fokus dengan menjadi dosen namun ada juga yang memiliki usah diluar. . Kelebihannya ilmu yang diberikan ada dari ilmu akademik terori maupun praktek dan juga ilmu dari pengalaman dosen yang memiliki usaha.

Menurut saya, dari segi dosen yang mengajar lebih baik dosen universitas negeri di banding dengan dosen swasta karena dosen negeri lebih fokus dalam mengajar di banding dosen swasta yang bisa memiiki usaha sampingan.

4. Biaya

Kampus negeri untuk level yang sama dengan swasta biasanya jauh lebih murah dari segi biaya. Salah satu faktor inilah yang membuat banyak orang tua menginginkan anaknya kuliah di kampus negeri. Selain itu, beasiswa dikampus negeri juga banyak.

Kampus swasta untuk dilevel yang sama dengan negeri biasanya lebih mahal. Hal ini wajar dikarenakan perlu pembiayaan untuk membayar gaji dosen dan lain-lain. beasiswa di kampus juga banyak.

Menurut saya, dari segi biaya sudah jelas lebih murah di universitas negeri karena uang pangkal kita tidak bayar dan hanya membayar biaya per semester sedangkan biaya universitas swasta lebih mahal karena banyak perincianya seperti uang pangkal, biaya gedung , biaya per semester, sumbangan sukarela, dsb.

Sebenarnya universitas negeri atau swasta sama saja, tergantung kebutuhan dan kemampuan calon mahasiswanya tidak jadi masalah jika ingin masuk universitas swasta tapi pasti biaya lebih mahal di banding universitas negeri. Jika ingin masuk universitas negeri, harus berjuang untuk lulus tes masuk perguruan tinggi negeri.

Bagi kamu yang masih bimbang antara memilih universitas negeri vs universitas swasta, semoga ini bisa jadi bahan pertimbangan. Dimana pum tempatnya sudah pasti baik. Tinggal kita memanfaatkan kesempatan yng kita terima baik kuliah di universitas negeri maupum swasta.

Terima kasih, semoga bermanfaat!

Leave a Reply