Tentukan Jurusanmu Baru Tentukan Tujuanmu

Penjurusan Di Kelas X: Terlalu Cepat?
September 2, 2013
Cara Meyakinkan Diri dan Orangtua Mengenai jurusan yang Kamu Pilih
November 11, 2013

Tentukan Jurusanmu Baru Tentukan Tujuanmu

Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Malang, Medan..ataupun Singapore, Malaysia, Australia, USA, Canada, England, Perancis, dsb. Pernahkah terpikir di benak mu bahwa pada saat kuliah nanti akan belajar di salah satu daerah atau negara di atas? Ataukah kamu sejak awal sudah memiliki keinginan kuat untuk kuliah di luar kota atau luar negeri, bahkan sudah menentukan lokasi tujuannya. Pemilihan tempat tujuan dapat dipengaruhi oleh orangtua, teman, saudara, ataupun dari media lain. Namun sudahkan kamu mengetahui dengan pasti jurusan kuliah yang akan diambil nanti? Sudah yakinkah dengan kesesuaian minat dengan bakat yang kamu miliki?

Saat ini banyak siswa yang memiliki tujuan untuk kuliah di luar negeri. Hal ini merupakan suatu hal yang baik. Adanya motivasi belajar dan keinginan untuk berkembang secara mental dan ilmu merupakan modal dasar yang positif untuk maju. Hanya saja jika kau sudah menetapkan lokasi belajar namun belum yakin betul akan jurusan yang ingin diambil, hal tersebut sama saja dengan ingin pergi ke pusat perbelanjaan namun belum tahu apa yang akan dibeli. Ketidakpastian ini akan berdampak pada kesusksesan kamu dalam menempuh pendidikan di tempat tersebut. Ketidakpastian, ketidakyakinan, ataupun mengambil keputusan hanya berdasar pengaruh suara mayoritas merupakan hal yang perlu dihindari ketika kamu belajar di kota/negeri rantau. Mengapa demikian? Selain harus berjuang dalam pelajaran, nantinya kamu juga harus berjuang untuk survive di perantauan. Survive untuk beradaptasi, survive dalam pergaulan, survive untuk bertahan menghadapi tantangan dan kesulitan di sana. Jika kamu sudah yakin betul dengan jurusan yang kamu pilih, paling tidak kamu sudah dapat mengurangi intensitas kegalauan. Dengan memilih jurusan yang tepat kamu tidak perlu lagi meraba-raba materi yang dipelajari, lebih memiliki motivasi untuk belajar dan bertahan, lebih mampu mengatur aktivitas keseharian, tau dengan siapa harus bergaul (tentunya dengan orang-orang yang mendukung studi mu).

Selain itu salah satu penting mengetahui jurusan yang tepat lebih dulu daripada memilih lokasi adalah tidak di semua daerah/ negara terdapat universitas yang memiliki kualitas unggulan untuk bidang yang sesuai dengan bakat dan minat mu.

Jadi sebaiknya jika kamu sudah mulai memiliki niat untuk belajar di luar kota/luar negeri , hal yang perlu kamu lakukan adalah: (1) ketahui bakat dan minatmu. Caranya adalah dengan mengikuti tes bakat minat penjurusan kuliah. Hasil tes bakat minat ini tidak hanya mengetahui minatmu saja, namun juga karaktermu dalam belajar dan bekerja, sehingga selain mendapatkan hasil jurusan, kamu juga akan mendapatkan saran-saran yang baik agar dapat bertahan dalam situasi belajar/kerja di perantauan; (2) setelah mengetahui jurusan yang tepat buatmu, mulailah mencari tahu universitas di kota mana yang memuliki kualitas unggul pada jurusan yang akan kamu ambil; (3) sesudah mengetahui lokasi yang paling baik, memulai untuk mencari informasi mengenai lingkungan di kota pilihan merupakan langkah yang tepat, sebab kamu akan menghadapi banyak perubahan, seperti perubahan cuaca, karakter dan pola pikir orang-orang yang di sekitarmu, dan lain sebagainya.

Dengan mencari bakat dan minatmu, dan mengetahui dengan tepat keadaan sekitar dari lokasi universitas pilihanmu berada, diharapkan pada saatnya nanti kamu akan lebih mudah beradaptasi, dan tentunya lebih merasa nyaman dan senang menjalani proses belajarnya. Selamat belajar dan mengukir prestasi!

Leave a Reply