TES BAKAT INDONESIA GOES TO YOGYAKARTA (Student Counselor Workshop with Coventry University)

Tes Bakat Indonesia mendukung proses Audisi Repro Hunt with LOOP 2015 – Jakarta
August 20, 2015
Manage Your Weakness
September 11, 2015

TES BAKAT INDONESIA GOES TO YOGYAKARTA (Student Counselor Workshop with Coventry University)

“Empowered to Empower”

Sejak berdiri, Tes Bakat Indonesia sebagian besar hanya melayani masyarakat ibukota. Jika membantu orang-orang yang tinggal di luar kota, merekalah yang mendatangi kantor Tes Bakat Indonesia di Jakarta. Demi meningkatkan pelayanan dan memperluas jaringan dan membantu lebih banyak siswa, pada hari Sabtu, 29 Agustus’15 Tes Bakat Indonesia pergi ke Yogyakarta, lebih tepatnya di Hotel IBIS Malioboro, Yogya pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Coventry University

IMG-20150904-WA0008

Di sana Tes Bakat Indonesia mengadakan workshop bagi para guru, konselor, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dari berbagai sekolah yang berdomisili di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali, Surabaya & malang. Workshop yang diberikan adalah bagaimana para praktisi pendidikan di sekolah, terutama guru BK untuk dapat membantu para murid mereka yang masih kebingungan mau meneruskan kuliah di jurusan tertentu. Hal ini merupakan sebuah topik yang paling banyak di bahas oleh para murid kepada para guru Bk pada saat ini.

IMG-20150829-WA0006_resized

Maka dari itu Tes Bakat Indonesia memberikan pelatihan dalam menghadapi kesulitan murid dan menjadi media yang suportif bagi murid dan orangtua. Salah satu pelatihannya adalah cara menggunakan dan mengetahui hasil dari salah satu alat tes psikologi. Alat tes yang sederhana ini bisa memberikan informasi dasar mengenai kepribadian seseorang. Karena dalam menentukan jurusan dan karir, selain potensi kecerdasan, sikap dan sifat seseorang juga menentukan. Misalnya apakah seseorang lebih suka bekerja secara individual atau bersama tim, lebih senang ilmu teoretis atau lebih cenderung aplikatif, dan sebagainya. Dengan mengetahui dasar-dasar seperti itu diharapkan orangtua dan murid bisa menyatukan pandangan tentang kuliah dan kerja, dan guru tidak lagi kesulitan menghadapi kasus-kasus semacam ini.

Workshop yang diberikan oleh Irene Guntur.,M.Psi.,Psikolog. CGA, CGI ini menuai banyak sekali kesan positif dari para peserta. Sesuai dengan judul workshop, “Empowered to be Empower” benar-benar memberikan kekuatan dan energi positif bagi para pendidk lokal maupun expatriat untuk menyalurkan energi positif ke para murid-muridnya dan dapat memberikan arahan dan saran saran praktis kepada para murid di sekolah nantinya

IMG-20150829-WA0007_resized

Dalam workshop, Irene juga menceritakan pengalamannya ketika ia masih menjadi guru BK beberapa tahun yang lalu. Menurutnya guru BK berperan sangat penting bagi para murid. Karena guru BK bisa melihat masa lalu murid, mengetahui kondisinya saat ini dan juga melihat masa depan mereka karena guru BK kerap kali lebih peka melihat potensi anak, dan senang memberikan nasihat serta arahan agar murid bisa menjalani masa depan yang pasti dan bahagia. Terbukti bahwa salah satu muridnya telah berhasil dalam karir karena mendengar dan menjalani nasihat Irene sewaktu di SMA dulu.

Semoga dengan berbagi ilmu ini, maka para praktisi pendidikan mampu untuk membantu para siswa memilih jurusan yang tepat dan sama sama bisa membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

IMG-20150901-WA0005_resized

 

Testimony:

“Tes Minat Bakat Indonesia (TBI) is a reliable company with personal approach and professional experience. I enjoyed working with them as I know they truly educate people to find their passion especially for student who still dont know which major they want to take for their future study. I would recommend TBI to all students who still unsure about their potential, personality & passion for their future career/study. I greatly value their expertise and detailed oriented and look forward to continuing our relationship with them in near future. Keep up the good work!”

Yurika SunardiInternational Officer of Coventry University

 

 

“I think the seminar delivered by Tes Bakat Indonesia answers the number one question my students usually ask me. I’ll Definitely suggest my students (and their parents) to choose the major based on the 3P: Potential, Passion, and Personality.”

Dian Anggraeni – College Counselor of Sekolah High Scope Indonesia

 

“Interesting session. The test given really open my view and know more about my passion. I will recommend Tes Bakat Indonesia to our students so they can choose their passion and major wisely. Good job Tes Bakat Indonesia”

Revy Halim – Public Relations of Spring Field School

Leave a Reply